Gajian nih !

02 Jun, 2021

Gajian? Bayar zakat penghasilan atau shopping dulu ya Sobat? 😀

Mungkin di antara Sahabat masih bingung ya antara prioritas membayar zakat penghasilan atau berbelanja terlebih dahulu, apalagi setelah gajian tentu banyak keinginan yang ingin dipenuhi.

Hmmm memang keduanya suatu kebutuhan ya Sahabat. Membayar zakat untuk membersihkan harta dan belanja untuk memenuhi kebutuhan hidup.

Tetapi alangkah lebih baiknya jika kita membayar Zakat Penghasilan dulu, kenapa ? karena Allah telah mewajibkan kepada kita untuk mengeluarkan sebagian nikmat yang kita dapat. "Sebagian" lo ya, bukan semuanya.

Adapun ketentuan Nishab zakat penghasilan yaitu sebesar 85 gram emas, dengan besaran zakat 2,5% dari penghasilan. Adapun untuk perhitungan zakatnya ada dua cara :

Pertama, zakat dihitung dari penghasilan keseluruhan, tanpa mengurangi kebutuhan pokoknya seperti sandang, pangan, dan papan. Jadi cara menghitungnya adalah :

Zakat yang dikeluarkan = Pendapatan Keseluruhan x 2,%

Yang kedua, zakat dihitung dari penghasilan setelah dikurangi kebutuhan pokok. Zakat yang dikeluarkan = (Penghasilan keseluruhan - Pengeluaran pokok) x 2,5%

Nah dari dua cara diatas, para ulama menganjurkan untuk zakat penghasilan dihitung dari penghasilan keseluruhan untuk lebih menjaga kehati-hatian.

Jadi, sudah menunaikan kewajiban berzakatnya Sobat?

Zakat via WEB:
kitabisa.com/zakatkampungmandiri

Zakat via transfer:
BNI 722 822 2006
BSI 1200 6200 69
a.n Zakatku Bakti Persada

Konfirmasi via WA di 0815 7200 2006