02 Jan, 2020

CARA MENGHITUNG ZAKAT EMAS

Punya emas dan sudah mencapai nishab? Jangan lupa bayar zakatnya ya!

Jika sahabat memiliki emas dan sudah mencapai nishob 85 gram dan telah melewati haul selama satu tahun, maka ada kewajiban zakat sebesar 2,5%.

“Tidak ada kewajiban atasmu mengeluarkan zakat emas sehingga kamu memiliki 20 dinar. Apabila kamu memiliki emas sebanyak 20 dinar dan telah berjalan satu tahun maka zakatnya dikeluarkan sebesar setengah dinar (2.5%).” (HR. Abu Dawud dan Al-Baihaqi)

Hukum membayar zakat emas wajib, diantara dalilnya, “Dan orang-orang yang menyimpan emas dan perak dan tidak menafkahkannya pada jalan Allah, maka beritahukanlah kepada mereka, (bahwa mereka akan mendapat) siksa yang pedih.” (QS. At-Taubah: 34-35)

“Siapa saja yang memiliki emas atau perak tapi tidak mengeluarkan zakatnya melainkan pada hari kiamat nanti akan disepuh untuknya lempengan dari api neraka, lalu dipanaskan dalam api neraka Jahannam, lalu disetrika dahi, rusuk dan punggungnya dengan lempengan tersebut. Setiap kali dingin akan disepuh lagi dan disetrikakan kembali kepadanya pada hari yang ukurannya sama dengan lima puluh ribu tahun. Kemudian ia melihat tempat kembalinya apakah ke surga atau ke neraka.” (HR. Muslim)

Sahabat, mari tunaikan zakat dari harta yang kamu miliki agar kita senantiasa menjadi hamba yang taat terhadap perintah Allah Ta’ala.

Transfer zakat:
BNI Syariah 7228222006
Konfirmasi donasi via WA di 081572002006